Usability dalam pelajaran
interaksi manusia dan komputer merupakan bagian penting yang harus terpenuhi
dalam perancangan sebuah sistem. Misalnya dalam pembuatan sebuah web. Web
usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah
web. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum
mengimplemen-tasikannya pada sebuah
web.
Prinsip Usability adalah prinsip ( bakat ,
kemampuaan, ketangkasan ) yang dapat digunakan dalam pembelajaran,perusahaan
dan dalam diri manusia sendiri. contohnya dalam teknologi yaitu jika seorang
user atau pemakai komputer dia menggunakan perangkat lunak user tersebut dengan
tidak sadar telah mempelajari kemampuan suatu kinerja perangkat tersebut bahwa
dalam perangkat lunak tersebut terdapat sistem yang bekerja dengan fungsi tertetu.
sehingga interaksi pengguna dengan seperangkat komputer bisa di hubungkan dan
saling mengenal. Sangat sulit sistem agar user bisa berinteraksi dengan
komputer banyak cara agar komputer bisa mengerti apa yang user perintahkan.
kita ingin menampilkan huruf A saja sangat rumit perjalanan sistemnya.ini lah
dimana kita harus mempelajari prinsip usability untuk mengenal proses sistem
interaksi manusia dengan sebuah komputer.
Dalam prinsip usability kita harus perhatikan hal-hal berikut ini:
a) Pengindraan
# Penglihatan
Konsep penglihatan terdiri dari 2 tahap:
- penerimaan stimulus dari luar secara fisik
- pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebutr
# Pendengaran
- Sistem auditory memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar.
- :Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan mempoerkirakan kemana objek tersebut akan berpindah
# Peraba
- Manusia menerima stimuli melalui kulit. kulit memiliki 3 jenis sensor penerima:
* Thermocheptor : merespon panas / dingin.
* Nocicheptor : merespon pada tekanan yang intens
* Mechanoceptor : Merespon pada tekanan IMK
- Keyboard bisa dikaitkan dengan posisi bentuk tombol, juga pengoperasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah terlalu ringan.
Konsep penglihatan terdiri dari 2 tahap:
- penerimaan stimulus dari luar secara fisik
- pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebutr
# Pendengaran
- Sistem auditory memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar.
- :Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan mempoerkirakan kemana objek tersebut akan berpindah
# Peraba
- Manusia menerima stimuli melalui kulit. kulit memiliki 3 jenis sensor penerima:
* Thermocheptor : merespon panas / dingin.
* Nocicheptor : merespon pada tekanan yang intens
* Mechanoceptor : Merespon pada tekanan IMK
- Keyboard bisa dikaitkan dengan posisi bentuk tombol, juga pengoperasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah terlalu ringan.
b) Sistem Motor
Pada kapasitas manusia digunakan sebagai pengolah informasi
yang diterima oleh alat indera, yang menangkap sinyal dan mentransmisikannya ke
processing unit di otak dengan tempat penyimpanan. Hasil dari proses berupa
output respon. Kapasitas yang dimiliki manusia untuk menerima input dan menghasilkan
output terbatas.
c) Memori Dalam Interaksi
Manusia Dan Komputer
Memori dalam IMK di bagi menjadi 2 yaitu :
- STM : Memori Jangka pendek ini dapat menyimpan dalam waktu
yang singkat / sementara pada saat sedang melakukan suatu pekerjaan. Memori jangka
pendek ini dapat diakses dengan cepat , serta memiliki kapasitas yang tebatas.
- LTM : Memori jangka panjang memiliki kapasitas yang besar, dan waktu akses lebih lambat. Memori jangka panjang terdiri dari dua jenis, yaitu :
- LTM : Memori jangka panjang memiliki kapasitas yang besar, dan waktu akses lebih lambat. Memori jangka panjang terdiri dari dua jenis, yaitu :
Episodic memory
Semantic memory
d) Proses kognitif
Merupakan proses yang terlibat dalam pembuatan desain,
diantaranya :
Atensi Pilih
Pembelajaran
Menyelaesaikan Masalah
Bahasa
Dalam Interaksi Manusia dan
Komputer ada beberapa hal yang kita ketahui, yaitu dapat membedakan kemampuan manusia yang baik dan mana yang
buruk.
+ Kemampuan manusia yang Baik :
- Kapasitas Long Term Memory
(LTM) tidak terbatas
- Durasi LTM tidak terbatas dan komplex
- Kemampuan memahami tinggi
- Mekanisme konsentrasi powerful
- Pengenalan pola pikir powerful
- Durasi LTM tidak terbatas dan komplex
- Kemampuan memahami tinggi
- Mekanisme konsentrasi powerful
- Pengenalan pola pikir powerful
+ Kemampuan manusia yang Buruk :
- Kapasitas Short Term Memory
(STM) terbatas
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar