Rabu, 02 Juli 2014

what is a ubiquitous computing ???

apaa ya pengertian ubiquitous computing itu ? disini kita akan membahas tentang tugas yang bertema UBIQUITOUS bukan ubi pasar yaaa.setelah saya searching di internet nih pengertian UBIQUITOUS itu Menurut sumber, Istilah ubiquitous pertama dikenalkan oleh Mark Weiser seorang peneliti di Xerox PARC. Menurutnya, ubiquitous computing memungkinkan pemakaian beratus-ratus device (alat) komputasi wireless per orang per kantor dalam semua skala. Kemudian komputer menjadi semakin embedded (tertanam dalam suatu alat), semakin pas dan enak, serta semakin natural. Sehingga kita menggunakannya tanpa memikirkannya dan tanpa menyadarinya. Intinya semua kebutuhan akan coba dipenuhi oleh teknologi yang semakin canggih. Dan manusia serasa dimanjakan oleh teknologi.

Nah Max pun berpendapat bahwa tujuan utama dari ubiquitous ini adalah “active the world”, artinya mengaktifkan segala yang ada di sekitar kita. Semua hal itu membutuhkan inovasi baru dalam berbagai bidang. Misalnya system operasi, antarmuka pengguna, jaringan, teknologi nirkabel, display, dan masih banyak lagi teknologi yang masih bisa berkembang lainnya.
Ada beberapa contoh yang telah digunakan pada teknologi ubiquitous adalah : otomatisasi rumah, bangunan, jembatan, jalanan, bidang farmasi dan kesehatan, dunia bisnis, perbankan, dan keamanan dengan jalan membangun network untuk seluruh peralatan elektronik.
Setelah mengetahui pencetus, pengertian, dan contoh dari ubiquitous. Ada nih istilah yang namanya Personalisasi yubikitas (ubiquitous personalization). Ini merupakan trend penelitian di dunia distributed dan mobile computing. Maksudnya adalah menyesuaikan lingkungan komputasi kepada spesifikasi yang ditentukan pemakai, kapan saja dan di mana saja. Intinya adalah "Working on the fly".
Secara garis besar ada tiga bidang teknologi yang mendukung ubiquitous computing, yaitu 
teknologi komunikasi, device, dan distributed-mobile computing.
# Pertama, untuk teknologi komunikasi, ada tiga teknologi: embedded Web server, Java dan 
wireless memegang peran utama.

#Kedua, untuk Teknologi device yaitu untuk melakukan sensoring, tracking dan memonitor lokasi. Sehingga dapat mendeteksi posisi obyek dan arah gerakan obyek, agar system dapat memberikan servis yang lebih baik kepada obyek atau pemakai. Implementasinya dengan menggunakan e-tag (elektronic tags) untuk melakukan tracking atau MEMS (micro electro mechanical system) yang merupakan integrasi dari komputasi dan komunikasi untuk mengontrol peralatan dengan akurasi yang tinggi dan biaya rendah. 

Ketiga, dalam distributed-mobile computing diperlukan inovasi dalam tehnik proxying dan caching, serta distributed processing. Active network bersamaan pula dengan softbots atau mobile object/agent 
merupakan teknologi utama. Isu sekuritas tidak kalah penting dalam bidang ini. Untuk memonitor lingkungan komputasi diperlukan pula context-aware paradigm, yaitu paradigma komputasi yang memungkinkan system menyesuaikan diri dengan selalu melihat konteks dari sistem. Konteks dari suatu sistem dapat berupa informasi lokasi, ID ataupun waktu.
Nah tujuan "ubiquitous computing" adalah Mengaktifkan lingkungan sehingga pekerjaan manusia lebih ringan dan mudah.
Dibalik pengertian ubiquitous ini sebenarnya sangat penting kita gunakan untuk sehari-hari loh,setelah saya baca-baca hal ini sangat bermanfaat bagi manusia karena dari teknologi kita dapat membuat aplikasi aplikasi kebutuhan yang memudahkan manusia dalam bekerja.

Sumber: http://ricky-rudiyanto.blogspot.com/2010/04/what-is-ubiquitous-computing.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar